BERANDA

Selasa, 17 April 2012

EKONOMI ISLAM

Prinsip, Dasar, dan Tujuan

Ekonomi Islam memberikan panduan agar manusia tidak menjadi budak ekonomi melainkan menjadi pengendali ekonomi. Kebebasan para pelaku ekonomi tetap diberikan, namun dengan memperhatikan keseimbangan dan keberimbangan.
Buku ini memberikan gambaran bahwa ekonomi  Islam tidak hanya tampak dalam konsepsi global, namun juga tercermin dalam parkatek-praktek aplikatif aktifitas ekonomi. Walaupun terdapat beberapa persamaan dengan sistem ekonomi yang lain, namun tetap ada perbedaan pandangan. Hal itu dapat dilihat dalam aktifitasnya, seperti idealitas transaksi, bagi hasil, asuransi, jaminan, deposito, pinjaman, jual beli valas dan saham, premi dan transaksi perbankan. Aktifitas-aktifitas tersebut dapat bernilai ibadah manakala proses yang melingkupinya sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Islam.
Buku ini pada dasarnya mengajak para pembaca untuk kembali kepada sumber Islam dan mengambil ajaran-ajarannya untuk mengentaskan manusia dari berbagai persoalan ekonomi, mengingat kuatnya akar pengaruh sistem ekonomi konvensional yang sedang berjalan.


Judul Buku
:
Ekonomi Islam, Prinsip, Dasar dan Tujuan.
Judul Asli
:
Al-Iqtshad al-Islami: Ushushun wa muba’un akhdaf
Penulis
:
Abdullah Abdul Husain at-Tariqi
Penerjemah
:
M. Irfan Shofwani
Editor
:
M. Roem Syibly
Jumlah Halaman
:
351 isi + 30 halaman depan
Penerbit
:
Magistra Insania Press, Yogyakarta
Tahun Terbit
:
Cetakan Pertama September 2004
ISBN
:
979 974 472 5

1 komentar: